SAYA MEMAAFKANMU

SAYA MEMAAFKANMU

www.hashtagtheplanet.com



A : "Saya memaafkanmu!"

B : "Sunggu? Oh, kamu orang yang baik. Terima kasih banyak. Dan sekali lagi maafkan aku."

Keesokan harinya,

B : "Kita kerja kelompok bareng yuk, pasti bakalan asik."

A : "Saya tidak bisa. Saya masih takut kamu akan melakukan kesalahan itu lagi.

B : "Itu tandanya kamu belum memaafkan aku."

A : "Nggak kok, saya sudah memaafkan kamu, hanya saja......."


Saya pernah seperti si A (tentu saja dengan perkara yang berbeda), karena si B telah meminta maaf dengan tulus, saya pun akhirnya memilih untuk memaafkan. Masalahpun selesai.

Saya sudah memaafkannya. Tapi.......... kok masih ada rasa sakit yang mengganjal di hati? Mengapa perbuatan buruknya masih bertahta dalam ingatan?

Waktu terus berlalu. Saya pun akhirnya melupakan si B. Yah begitulah fikirku.

Namun, saat sedang merapikan kamar, saya menemukan diary lama, dan dalam diary itu ternyata saya pernah menuliskan sebuah quote dalam bahasa inggris yang tak saya cantumkan sumbernya. Setelah membaca quote itu, wah....ternyata saya telah menyimpan harta karun dan melupakannya. 

"To forgive is to forget."

Memaafkan berarti melupakan, melupakan sakit hati yang pernah ditorehkan orang lain, seperti Nabi Yusuf a.s memaafkan saudara-saudaranya yang telah membuangnya ke dalam sumur. Memaafkan berarti melupakan, melupakan keinginan untuk membalas / menghukum walaupun sanggup. Memaafkan berarti melupakan, melupakan segala hal berkenaan perbuatan buruk orang tersebut dan tidak lagi menyinggungnya.

Ah....berat sekali yah ternyata "memaafkan" itu. Pantas saja orang pemaaf itu mendapatkan kasih sayang yang luar biasa dari Sang Maha Kuasa.

Hai orang-orang mukmin, sesungguhnya di antara isteri-isterimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka) maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. [At Taghabun : 14]

https://id.pinterest.com/pin/449093394067052059/


Memaafkan itu memang berat. Tapi saya ingin melakukannya. Yah, tentu saja melakukannya dengan benar. Kini SAYA MEMAAFKANMU 😊

Tidak ada komentar:

Posting Komentar